Seminar Nasional Ekonomi Pancasila

Seminar Nasional Ekonomi Pancasila dengan Topik “Masyarakat Ekonomi Pancasila” diadakan pada tanggal 26 Juni 2021 hasil kerjasama antara DPPM UPB dengan Program Studi Magister Manajemen UPB, STIE IPWIJA, dan Universitas Trilogi.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini antara lain Bapak Prof. Mudrajad Kuncoro, P.hD., Prof. Dr., Didik J. Rachbini, Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si., P.hD., Ir. S. Benny Pasaribu, M.Ec., P.hD dan Bambang Tri Cahyono, Ph.D., D.B.A. Dalam acara ini juga dilaksanakan Peresmian Satelit Desa Pancasila yang di prakarsai oleh Bapak Bambang Tri Cahyono, Ph.D., D.B.A.

Dalam seminar tersebut, Rektor Universitas Paramadina Prof. DIdik J. Rachbini menyampaikan lima masalah ekonomi politik pada masa pandemi Covid-19. Masalah tersebut yaitu: fisikal rapuh dan utang besar, tidak memadai dalam kepemimpinan dan kebijakan mengatasi Covid-19, jatuh menjadi negara menengah bawah, income trap, ketergantungan ekonomi politik terhadap Cina dan kehilangan prinsip bebas aktif. Kemudian Prof. Didik menilai bahwa kepemimpinan Indonesia dalam masyarakat internasional terutama ASEAN sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan pada masa Ali Alatas seorang diplomat Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia tahun 1988 – 1999.

“Saya melihat bahwa kepemimpinan Indonesia di dalam masyarakat internasional terutama ASEAN saja itu jauh sekali dibandingkan dengan masa-masa Ali Alatas walaupun income waktu itu sangat rendah, belum terlalu tinggi,” ucap Didik.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *